Menyetel Kadar Gas Buang CO Vixion Menggunakan FIDT

Penyetelan kadar gas buang CO (Carbon Monoksida) pada Yamaha Vixion diperlukan apabila kita melakukan perubahan di sektor pembakaran baik itu pergantian knalpot, koil, busi,dll. Hal ini perlu dilakukan agar campuran udara dan bahan bakar menjadi ideal.

Berikut langkah-langkah melakukan penyetelan kadar CO menggunakan alat FIDT (Fuel Injection Diagnostic tool).

Pada alat FIDT ada 3 interface yang harus di koneksikan ke sepeda motor.

Fuel Injection Diagnostic Tool

Fuel Injection Diagnostic Tool

 

1. Kabel dengan lingkaran warna merah ke positif(+) aki.

2. Kabel dengan lingkaran warna hitam ke negatif(-) aki.

3. Kabel dengan lingkaran warna hijau ke self-diagnosis vixion.

Kabel Self Diagnosis Vixion

Kabel Self Diagnosis Vixion ada di bawah jok

Setelah FIDT terkoneksi ke Vixion, lakukan langkah-langkah berikut :

1. putar kunci kontak ke posisi OFF
2. kemudian tekan tombol MODE di fidt sambil memutar kunci kontak ke posisi ON
3. muncul tulisan DIAG di layar FIDT
4. tekan tombol UP untuk memilih mode CO
5. setelah dipilih mode penyetelan CO, tekan MODE
6. akan muncul tulisan C1 pada layar fidt, kemudian tekan tombol MODE
7. hidupkan mesin
8. setel kadar CO dengan menekan tombol UP atau DOWN
9. jika setelan sudah dipilih, putar kunci kontak ke arah OFF
10. lepaskan FIDT, kemudian pasang kembali kabel Self-Diagnosis signal

FIDT terkoneksi ke Vixion

FIDT terkoneksi ke Vixion

Setel CO

Setelah terkoneksi siap untuk setting CO

 
Untuk menyetel kadar CO, tidak ada patokan standar. Secara default pabrikan, setelan CO adalah 0 (nol). Kadar CO bisa disetel hingga range +30 sampai -30.

Kadar CO berbeda-beda tiap motor tergantung kondisi lingkungan dan racun-racun yang dipasang. Cara gampang nya untuk mengetahui setelan CO nya pas bisa pake pendekatan berikut:

Knalpot gak sering meletus. Dan bisa dicek di kepala busi setelah kurang lebih 2 hari pemakaian. Kalau kepala busi berwarna merah bata, berarti setelan CO pas. Kalau berwarna putih berarti kurang, tambahkan kadar setelan CO. Kalau berwarna hitam berarti kelebihan, kurangi kadar CO.

 

Demikian sedikit tutorial dari saya. Semoga bermanfaat dan selalu siap menerima koreksi dari rekan-rekan pembaca apabila ada kesalahan.

Semoga membantu ^ ^

7 thoughts on “Menyetel Kadar Gas Buang CO Vixion Menggunakan FIDT

  1. maaf maz vixion py saya itu merepet’sampai2 sma mkanik yamaha dcek smua normal.tangki jg dkuras,busi jg dganti,tp tetap aja merepet tambah parah.kalau hidupnya jg payah,mhon bantuannya

    • kalo berebet itu, bisa juga pengaruh pada pentelam TPS nya. karena disitu juga perlu penyetelan secara manual. seperti penyetelan pada putaran rendah dan posisi sensor trottle TPSnya.
      langkah pertama yaitu kondisi kadar COnya harus 0 ( standar pabrik )…kemudian hidupkan mesin.
      nah…disaat itulah kita harus memriksa mesin dengan memutar pedal gas 1/4 nya, apabila putaran mesin rada2 ngempos/ brebet?? berarti pembakarannya belum sempurna. maka kita harus menyetel secara manual, yaitu :
      carilah baut kepala minus yg berwarna kuning yg berada diposisi sebelah kiri TPS, kemudian kita putar kearah kiri atau kanan dengan obeng minus, carilah posisi putaran mesin yg pas dengan memutar pedal gas 1/4nya hingga ketemu putaran mesin tidak brebet. setelah kita ketemu putaran yg pas?? kita harus memeriksa diputaran tingginya, itupun juga harus pas.
      ( karena dipenyetelan TPS ini, juga memerlukan filling yg kuat. hampir sama dengan penyetelan angin pada karburator). sehingga mendapatkan hasil putaran mesin yg stabil ( tdk brebet ) dan lari kendaraan menjadi bertenaga…

  2. mas saya ganti pake ecu juken .. terus udah ke yamaha dan alhasil tidak konek dengan ecu baru itu.. solusi nya CO nya gimana >?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s