Panduan Pemasangan ECU BRT I-MAX Juken

Setelah inden kurang lebih 3 bulan, sejak bulan Desember 2012 akhirnya racun Vixion yang ditunggu-tunggu datang juga😀

Tak lain dan tak bukan adalah ECU Programmable IMAX Juken buatan Bintang Racing Team (BRT) yang sudah malang melintang di dunia CDI Racing.

ECU BRT IMAX Juken

ECU BRT IMAX Juken

Berikut cara pemasangan ECU BRT tersebut. Ohiya, sebelum memasang ECU ini, ada beberapa hal yang harus diketahui Masbro-Masbro sekalian.

1. Harus menggunakan Koil original Vixion (jangan memakai koil racing atau koil CDI seperti tirev)

2. Apabila pernah melakukan perubahan setting di Throttle Body seperti baut stopper TPS, maka harus dikembalikan dulu ke settingan standar.

Langkah-langkah pemasangan ECU :

1. Pastikan kunci kontak dalam keadaan OFF.

2. Pasang ECU pada kabel body dengan benar.

3. Hubungkan kabel hitam pada ECU ke kutub negatif aki.

4. Hubungkan remote ke ECU bila ada.

ECU dan Remote terpasang

ECU dan Remote terpasang

5. Pastikan gas/throttle tidak diputar.

6. Hidupkan kunci kontak / ON.

7. Perhatikan indikator Engine Check/Lampu berwarna kuning di speedometer.

8. Ada 2 kondisi yang mungkin :

– Jika lampu indikator engine check hanya berkedip 1 kali, maka ECU siap dihidupkan.

– Jika lampu indikator engine check berkedip-kedip, maka harus melakukan kalibrasi TPS.

Cara kalibrasi TPS :

1. Cek kabel gas apakah tertarik atau tidak.

2. Setel/kendurkan baut stopper TPS sampe lampu indikator engine check berhenti berkedip.

3. Cara menyetel baut stopper TPS adalah kendorkan dulu mur menggunakan kunci ring 8, kemudian setel stopper menggunakan kunci L kecil. Setelah selesai menyetel kencangkan kembali mur-nya menggunakan kunci ring 8.

Baut stopper TPS yang harus disetel

Baut stopper TPS yang harus disetel

Setelah kalibrasi TPS , cek apakah memenuhi kondisi berikut :

1. Pada gas tertutup (nol), kunci kontak ON, maka indikator engine check tidak menyala.

2. Mesin OFF, kontak ON, jika gas dibuka, maka indikator engine check akan berkedip.

3. Mesin ON, jika gas dibuka, maka indikator engine check tidak menyala.

Jika ketiga kondisi tersebut sudah didapat, maka SELAMAT ECU BRT anda siap digunakan😀

39 thoughts on “Panduan Pemasangan ECU BRT I-MAX Juken

    • Menurut klaim dari BRT sih dengan pemakaian ECU ini akan terjadi peningkatan power sebesar 1dk.
      Kalau yang saya rasakan pribadi memang terasa motor lebih responsif dan engine brake lebih halus.

      • bro, sy cb menggunakan ecu brt saat kontak on engine check normal. (nyala sekali trs mati) tapi saat kontak on trus gas d buka penuh jdna engine check kedap kedip dan sy lht di diagnostic 2 initial(35-40) = +/- 245 dan wot = 100..apakah hrs setting tps?dan tlng cara2 setting tps yg mudah d lakukan dari posisi mn?
        thx

  1. thx bro atas jawabanya.gmn bro mtrna nembak2 apa ga?mtr sy vixion standart pabrik supaya tidak nembak gmn y settingan tpsnya untuk ecunya

  2. bro, sy br coba ecu brt tuk old vixion yg sudah modif cam dan papas head..setelah kalibrasi dg ecu dg benar sesuai dg petunjuk tp ternyata ecu tersebut tdk bs menampilkan rpm dgn full maksudnya rpm msh tetap bawaan standar mesin. yg sy tanyakan : jika ada perubahan terhdp mesin, apakah ecu brt tersebt tdk bs bekerja dg baik? dan apakah mesin yg dipasangi ecu harus standar dr pabrik?

  3. bro,saya habis beli cdi ecu brt,itu remotnya harus dipasang jg gak?trs klu gk dipasang,bisa bermasalah gak?tanks bro

  4. BZzzzzzzzz………..
    Sy baru beli … Saya nak pasang ke Fz sy…
    Boleh tunjukkan cara pemasangan bergambar …

  5. gan aku mau nanya …
    untuk RPM nya dari mulai 1000_20000 harus brpa % biar motor enak larinya??
    klo untuk drajatnya brpa gan??? trms

  6. gan ane mau tanya nih ane dah pake ecu brt juken 2 mtr saya yamaha soul gt bour up piston 58 injektor lubang 6 dan klep 24-28 nah pas ane pasang kan enak di gan pas di gas ke adaan standar 2 tp pas di
    tes jalan pas di gas langsung setengah putaran idikator nya ngedip dan mtr mati knp y apa ada yg salah y gan..

  7. py q kok brebet2 ya? RPM gak mau naik! apanya yang salah? apa perlu setting derajat pengapian juga? shate donk

  8. kenapa di ecu juken 2 tidak bisa detek gigi masuk atau kopling ditarik ya di CB150R?. motor langsam tetap ketika 2 keadaan itu. akibatnya engine break lebih nggigit. Gak enak banget klo pas macet. gas-lepas jadi gak halus. Beda sama ecu standar, jika 2 keadaan di atas jadi gak langsam, pernah ane tes gigi masuk & kabel switch di lepas. langsam jadi 2000rpm yg sebelumnya 1500rpm. ada trik buat detek pas gigi masuk langsam naik gak Bro, kaya ecu standar?

    • aq pake ecu juken kemarin..
      kenapa kok tiap aq hidupin motor g selang lama motor mati..
      dan untuk hidupin lagi menanti 15-20 menit..
      aq salah seting atau ecunya yg rusak broo..
      mohon info.x…

  9. gan minta pencerahan nya

    stelah beli ECU BRT dah ane pasang sperti petunjuk di buku paduan dan sprti d atas tpi masalah ny pd no.3 Mesin ON, jika gas dibuka, maka indikator engine check nyala terus gan.

  10. Pliss..bantuin saya dong……kmren saya bli ECU ne utk CB150R…setelah terpasang n OK……trus niat mo backup data k remoteny..malah salah pencet menu Restore Ignition..alhasil ECUny hangg…motor ga nyala n tampilan remote ngacau…..jd bingung nee…..pliss..pliss..pliss.. 😦

  11. Bang motor ane udah bore up 65mm, jadi kira2 198cc dng kop 21/23, camshaft/noekn as juga upgrade. Saya pasang BRT Juken 2 settingannya sdkt sulit, tps sudah kalibrasi tapi check engine masih kedip2. Mohon panduannya
    Tks, bro

  12. Bang permisi numpang tanya saya pasang brt juken 2 di old vixion kondisi mesin on semuanya normal tapi saat gas di taris lampu kuning pada speedo dan lampu biru pada ecu brt kedip-kedip sedangkan saya tidak memiliki remoteny, jd bagaimana itu penyelesaianny bang?

    • Gan .. Saya Pakai CDI BRT Juken 2 Jupiter z1 injeksi Dual Band .. Baru Beli langsung Pakek .. Pertama Hidup .. stlah 5 mnit kok mati mendadak .. Saya liat sensor pembritahuan ny ber kedip kedip ..Lmpu CDI juga kyak gitu .. Trus d knalpot ny keluar bensin …penyemburan Duluan mnyak ny .. udh itu g hdup lg
      Padal baru ..
      Solusi Nya Gan .. Pliss Gan ..

  13. Bos ak baru bli juken 2 buat beAt FI, permasalahannya saat kunci kontak di ON kan indikator mil nya nyala, terus mati dan berkedip2, setelah mesin hidup milnya mati tidak berkedip lagi, Tapi akselerasi dan top speednya tidak mengecewakan
    Mohon pencerahan

    • saya bantu jawab….klo berkedip2 harus melakukan kalibrasi TPS, ikuti langkah di atas…..klo ga punya remotenya…secara manual stel Tpsnya sambil lihat indikatornya dah berhenti berkedip2….

      klo punya saya juken 2nya bekas pemakaian di honda beat fi….setelah d pasang di scoopy fi malah ga nyala sama sekali indikator Milnya😦

  14. salam kenal semuanya bro,ane baru beli juken 3 untuk mio j,udah ane pasang dankalibrasi.semua oke tapi pas motor di bawa jalan 80 km/jam ke atas lampu kuning di spidometer nyala,terus gak mau di gas,motor langsung mati mendadak,setelah kunci kontak di matikan di on kan kembali motor baru bisa hidup.kejadian ini selalu begitu sampai sekarang belum normal.kira-kira masalahnya ada di mana ya,siapa tau di milis ini ada yangpernah ngalamin nya.mohon bantuannya.

  15. mau tanya bang, tadi saya beli cdi brt juken dual brand trus saya pasang langsung ke motor , tiba2 sekring saya langsung putus padahal kunci kontak dlm posisi off bang..
    Kira2 apa penyebabnya ya bang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s