Setelah inden kurang lebih 3 bulan, sejak bulan Desember 2012 akhirnya racun Vixion yang ditunggu-tunggu datang juga 😀
Tak lain dan tak bukan adalah ECU Programmable IMAX Juken buatan Bintang Racing Team (BRT) yang sudah malang melintang di dunia CDI Racing.
Berikut cara pemasangan ECU BRT tersebut. Ohiya, sebelum memasang ECU ini, ada beberapa hal yang harus diketahui Masbro-Masbro sekalian.
1. Harus menggunakan Koil original Vixion (jangan memakai koil racing atau koil CDI seperti tirev)
2. Apabila pernah melakukan perubahan setting di Throttle Body seperti baut stopper TPS, maka harus dikembalikan dulu ke settingan standar.
Langkah-langkah pemasangan ECU :
1. Pastikan kunci kontak dalam keadaan OFF.
2. Pasang ECU pada kabel body dengan benar.
3. Hubungkan kabel hitam pada ECU ke kutub negatif aki.
4. Hubungkan remote ke ECU bila ada.
5. Pastikan gas/throttle tidak diputar.
6. Hidupkan kunci kontak / ON.
7. Perhatikan indikator Engine Check/Lampu berwarna kuning di speedometer.
8. Ada 2 kondisi yang mungkin :
– Jika lampu indikator engine check hanya berkedip 1 kali, maka ECU siap dihidupkan.
– Jika lampu indikator engine check berkedip-kedip, maka harus melakukan kalibrasi TPS.
Cara kalibrasi TPS :
1. Cek kabel gas apakah tertarik atau tidak.
2. Setel/kendurkan baut stopper TPS sampe lampu indikator engine check berhenti berkedip.
3. Cara menyetel baut stopper TPS adalah kendorkan dulu mur menggunakan kunci ring 8, kemudian setel stopper menggunakan kunci L kecil. Setelah selesai menyetel kencangkan kembali mur-nya menggunakan kunci ring 8.
Setelah kalibrasi TPS , cek apakah memenuhi kondisi berikut :
1. Pada gas tertutup (nol), kunci kontak ON, maka indikator engine check tidak menyala.
2. Mesin OFF, kontak ON, jika gas dibuka, maka indikator engine check akan berkedip.
3. Mesin ON, jika gas dibuka, maka indikator engine check tidak menyala.
Jika ketiga kondisi tersebut sudah didapat, maka SELAMAT ECU BRT anda siap digunakan 😀
Minta Reviewnya gan setelah pake tuh ECU…
Tq
Menurut klaim dari BRT sih dengan pemakaian ECU ini akan terjadi peningkatan power sebesar 1dk.
Kalau yang saya rasakan pribadi memang terasa motor lebih responsif dan engine brake lebih halus.
bro, sy cb menggunakan ecu brt saat kontak on engine check normal. (nyala sekali trs mati) tapi saat kontak on trus gas d buka penuh jdna engine check kedap kedip dan sy lht di diagnostic 2 initial(35-40) = +/- 245 dan wot = 100..apakah hrs setting tps?dan tlng cara2 setting tps yg mudah d lakukan dari posisi mn?
thx
Sudah betul itu gan.
Yang penting saat tps posisi 0% gak kedip-kedip.
Klo wot 100% memang kedip-kedip.
sensor O2 pa harus dipasang
thx bro atas jawabanya.gmn bro mtrna nembak2 apa ga?mtr sy vixion standart pabrik supaya tidak nembak gmn y settingan tpsnya untuk ecunya
Supaya tidak nembak-nembak bisa dengan cara menutup AIS nya gan. Banyak tutorialnya salah satunya bisa di search di blog saya.
bro,saya baru beli CDI BRT ecu itu remotnya harus dipasang jg gak?
Ya klo mau setting ecu nya baru dipasang remote nya.
Makasih bro sarannya dng cara tutp AIS.Saya berharap dengan beli ecu br* tinggal pasang tidak perlu2 tutup AIS krn dr promosinya katanya tinggal pasang.ya terpaksa ecu+remote br* di lepas dan balik ke standart
bro, sy br coba ecu brt tuk old vixion yg sudah modif cam dan papas head..setelah kalibrasi dg ecu dg benar sesuai dg petunjuk tp ternyata ecu tersebut tdk bs menampilkan rpm dgn full maksudnya rpm msh tetap bawaan standar mesin. yg sy tanyakan : jika ada perubahan terhdp mesin, apakah ecu brt tersebt tdk bs bekerja dg baik? dan apakah mesin yg dipasangi ecu harus standar dr pabrik?
Sudah coba cek rpm nya pake remote commandernya ecu brt?
bro,saya habis beli cdi ecu brt,itu remotnya harus dipasang jg gak?trs klu gk dipasang,bisa bermasalah gak?tanks bro
ok tanks mas bro
motor saya semput selepas menggunakan produk ini..
BZzzzzzzzz………..
Sy baru beli … Saya nak pasang ke Fz sy…
Boleh tunjukkan cara pemasangan bergambar …
You can visit http://www.bintangracingteam.com/support.php
gan aku mau nanya …
untuk RPM nya dari mulai 1000_20000 harus brpa % biar motor enak larinya??
klo untuk drajatnya brpa gan??? trms
gan ane mau tanya nih ane dah pake ecu brt juken 2 mtr saya yamaha soul gt bour up piston 58 injektor lubang 6 dan klep 24-28 nah pas ane pasang kan enak di gan pas di gas ke adaan standar 2 tp pas di
tes jalan pas di gas langsung setengah putaran idikator nya ngedip dan mtr mati knp y apa ada yg salah y gan..
py q kok brebet2 ya? RPM gak mau naik! apanya yang salah? apa perlu setting derajat pengapian juga? shate donk
kenapa di ecu juken 2 tidak bisa detek gigi masuk atau kopling ditarik ya di CB150R?. motor langsam tetap ketika 2 keadaan itu. akibatnya engine break lebih nggigit. Gak enak banget klo pas macet. gas-lepas jadi gak halus. Beda sama ecu standar, jika 2 keadaan di atas jadi gak langsam, pernah ane tes gigi masuk & kabel switch di lepas. langsam jadi 2000rpm yg sebelumnya 1500rpm. ada trik buat detek pas gigi masuk langsam naik gak Bro, kaya ecu standar?
berapa harga barang ni? boleh ka pos ke malaysia? saya mahu satu!..
aq pake ecu juken kemarin..
kenapa kok tiap aq hidupin motor g selang lama motor mati..
dan untuk hidupin lagi menanti 15-20 menit..
aq salah seting atau ecunya yg rusak broo..
mohon info.x…
gan minta pencerahan nya
stelah beli ECU BRT dah ane pasang sperti petunjuk di buku paduan dan sprti d atas tpi masalah ny pd no.3 Mesin ON, jika gas dibuka, maka indikator engine check nyala terus gan.
How to setting ecu brt. I still cannot setting my fz150i.
Lepas pasang boleh start. Lampu tak kelip kelip. Tapi tekan minyak engine mati.
Pliss..bantuin saya dong……kmren saya bli ECU ne utk CB150R…setelah terpasang n OK……trus niat mo backup data k remoteny..malah salah pencet menu Restore Ignition..alhasil ECUny hangg…motor ga nyala n tampilan remote ngacau…..jd bingung nee…..pliss..pliss..pliss.. 😦
wah….ngk ada jwb an……dr semua yg nanya…..,,,woi….woi….jawab……….
Bang motor ane udah bore up 65mm, jadi kira2 198cc dng kop 21/23, camshaft/noekn as juga upgrade. Saya pasang BRT Juken 2 settingannya sdkt sulit, tps sudah kalibrasi tapi check engine masih kedip2. Mohon panduannya
Tks, bro
bro kok kadang pas bosisi jalan lampu mil e nyala terus padahal menurut pemenuhan kondisi udah pas
Bang permisi numpang tanya saya pasang brt juken 2 di old vixion kondisi mesin on semuanya normal tapi saat gas di taris lampu kuning pada speedo dan lampu biru pada ecu brt kedip-kedip sedangkan saya tidak memiliki remoteny, jd bagaimana itu penyelesaianny bang?
Gan .. Saya Pakai CDI BRT Juken 2 Jupiter z1 injeksi Dual Band .. Baru Beli langsung Pakek .. Pertama Hidup .. stlah 5 mnit kok mati mendadak .. Saya liat sensor pembritahuan ny ber kedip kedip ..Lmpu CDI juga kyak gitu .. Trus d knalpot ny keluar bensin …penyemburan Duluan mnyak ny .. udh itu g hdup lg
Padal baru ..
Solusi Nya Gan .. Pliss Gan ..
mau tanya bang saya pake beat Fi udah up 130 kohar.. pake ecu BRT juken 2 bisa.. cuma pas dualband ON kok gak bisa di stater kalo OFF bisa. moohon balasan ya bang..
TQ
Bos ak baru bli juken 2 buat beAt FI, permasalahannya saat kunci kontak di ON kan indikator mil nya nyala, terus mati dan berkedip2, setelah mesin hidup milnya mati tidak berkedip lagi, Tapi akselerasi dan top speednya tidak mengecewakan
Mohon pencerahan
saya bantu jawab….klo berkedip2 harus melakukan kalibrasi TPS, ikuti langkah di atas…..klo ga punya remotenya…secara manual stel Tpsnya sambil lihat indikatornya dah berhenti berkedip2….
klo punya saya juken 2nya bekas pemakaian di honda beat fi….setelah d pasang di scoopy fi malah ga nyala sama sekali indikator Milnya 😦
gmana cra pemasangan nyh gan
salam kenal semuanya bro,ane baru beli juken 3 untuk mio j,udah ane pasang dankalibrasi.semua oke tapi pas motor di bawa jalan 80 km/jam ke atas lampu kuning di spidometer nyala,terus gak mau di gas,motor langsung mati mendadak,setelah kunci kontak di matikan di on kan kembali motor baru bisa hidup.kejadian ini selalu begitu sampai sekarang belum normal.kira-kira masalahnya ada di mana ya,siapa tau di milis ini ada yangpernah ngalamin nya.mohon bantuannya.
Mkasih tausiahnya boss…ane mau coba pasang..smoga sukses…👍👍
mau tanya bang, tadi saya beli cdi brt juken dual brand trus saya pasang langsung ke motor , tiba2 sekring saya langsung putus padahal kunci kontak dlm posisi off bang..
Kira2 apa penyebabnya ya bang.
bang saya mau tanya , punya saya new vixion lighting , saya pake juken 2 , top speed cuman sampe 120 doang bang , kalo pake ecu standar bisa sampe 140 bang , mohon pencerahannya , dan tutror settingnya supaya top speed lebih dapet , dan tidak nembak kenalpotnya bang ,, mohon bantuanyya ya bang ,, terimakasih , untuk saat ini saya kembalikan di ecu standar , karena top speed nya belum dapet dan kenalpot masih nembak , ..
mohon solusinya ya bang .. 😀
gan apakah perlu dan harus setelah mengganti ecu haruskah juga mengganti injektor
mohon solusinya gan
Cara seting vixion old gmana bro saya ga paham
Mas ecu brt juken 3 untuk all new cb 150r di pasang ke sonic 150 r bisa pa nggk ya?
Mau tanya..maksudnya kabel hitam tu yg skun bulet di balut insulator ijo itu bukan?
Bang kenapa CDI saya di setengah masukkan warna kuning terus ,dan motor nggak bisa hidup,dan pas di masukan semua ,semua mati total ,gimana itu om